Calon Game Lokal Yang Dipertandingkan di Piala Presiden 2020

Piala Presiden Esports 2020
Piala Presiden Esports 2020

Piala Presiden 2020. Dalam acara perilisan turnamen Piala Presiden Esports 2020 kemarin. Giring Ganesha selaku Ketua Pelaksana juga memberikan informasi. Mengenai game lokal yang nantinya akan dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports 2020. Saat ini telah dilakukan seleksi tahap dua dan menyisahkan 5 game lokal yang nantinya akan dipilihkan salah satu.

Kelima game lokal tersebut adalah Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Moble War, dan Ultra Space Battle Brawl. Seleksi masih terus dilakukan hingga akhir Oktober mendatang. Giring menambahkan ada sejumlah parameter yang menjadi pertimbangan dewan kurasi, dimana Badan Ekonomi Kreatif dan Komenkominfo terlibat penuh.

Baca juga: AOV International Champions 2019 Berlangsung di Thailand

Yang pertama adalah game ini harus dikembangkan developer lokal Indonesia. Kedua, memenuhi unsur esports dan kompetisi, apakah game ini besar potensinya sebagai esports. Kemudian ketiga harus playble, harus punya kelayakan dari mekanisme game-nya. Terakhir, orisinalitas, harus dipastikan seluruh elemen game-nya garapan lokal, bukan cuma re-skin dari engine yang berasal dari luar negeri.

Dari kelima game yang lolos seleksi tahap kedua tersebut baru Ultra Space Battle Brawl yang telah dirilis. Game Ultra Space Battle Brawl sendiri merupakan game PC yang dapat dimainkan melalui steam. Game tersebut dibuat oleh developer Mujiken Studios dan sudah dirilis sejak Oktober 2018 lalu. Sedangkan game lainnya masih dalam tahap pengerjaan. Game Pirate Mobile War sendiri dibuat oleh Wisangeni Studios dan rencananya akan dirilis tahun ini.

Baca juga: Wanwan Menjadi Hero Tersulit di Mobile Legends

Kita lihat saja game lokal manakah yang nantinya akan memenangkan seleksi tersebut. Semoga nantinya para developer game lokal akan semakin semangat membuat game baru yang berkualitas. Sementara itu patut kita tunggu juga apakah nantinya game yang terpilih nantinya bisa sekompetitif mungkin untuk dapat dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang.

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*