Intip Fasilitas Esports Tim Terkenal

fasilitas esports
fasilitas esports

Sebuah tim esports besar biasanya memiliki fasilitas dan kelengkapan latihan yang cukup profesional. Bila momen turnamen menjelang, para pemain akan dipusatkan dalam bootcamp khusus atau berlatih rutin di gaming house mereka.

Namun, ada juga tim esports yang gila-gilaan dalam mengembangkan potensi atlet. Salah satu caranya adalah membangun esports facility.

Esports facility berbeda dengan gaming house atau bootcamp karena di lokasi inilah suatu organisasi mengumpulkan semua divisinya. Semuanya untuk berlatih dengan skala perlengkapan yang jauh lebih besar dari gaming house atau bootcamp.

Dalam EF, biasanya ada area war room terdedikasi untuk devisi game tertentu. Ada area olahraga fisik, ada ruang meeting khusus untuk membahas strategi, dapur serta area hiburan. Tidak jarang, EF juga jadi destinasi wisata bagi pengunjung esports.

Baca juga : BOOM Esports Penguasa Tunggal Predator League

Lantas, organisasi apa saja yang memiliki fasilitas esports dan mana yang paling keren? Simak terus ke bawah ya!

COMPLEXITY

The GameStop Performance Center, sebutannya adalah fasilitas esports yang dibangun di atas tanah berukuran 3.300 meter jadi markas utama tim Complexity.

Berlokasi di Dallas, Texas, markas ini memiliki arena war room yang dibangun menyerupai bilik turnamen. Dimana pemain dikurung dalam tembok kaca agar tidak terganggu dan bisa berkonsentrasi saat bermain.

Sementara pengunjung bisa menyaksikan dari luar bagaimana intens-nya atlet profesional melakoni pekerjaan tiap hari. Bila ingin ikut bermain, markas ini menyediakan PC dan tablet bagi orang luar yang ingin menjajal skill gaming mereka.

Tidak lupa public area yang ditujukan untuk tempat nobar turnamen-turnamen esports terkini yang sedang tayang di berbagai penjuru dunia.

Uniknya, markas yang diresmikan pada 20 Mei 2019 lalu memiliki tempat khusus bernama Mind Gym. Area ini dibuat untuk melatih mental pemain dengan serangkaian latihan yang akan menstimulus ketahanan mental. Bila pemain merasa letih dan ingin mendapat sedikit privasi, mereka bisa beristirahat di Decompression Patio. Sebuah kapsul terbuka yang dihiasi dengan pemandangan megah arsitektur GameStop Performance di luar.

Intip Fasilitas Esports Tim Terkenal

LIQUID

Sebagai salah satu tim esports tersukses di dunia, aneh rasanya bila mereka tidak punya fasilitas esports. Alienware Training Facility dibuat khusus untuk meningkatkan skill dan performa atlet-atlet tim Liquid yang jumlahnya sekitar 13 divisi dan menampung 70 atlet esports.

Lokasi seluas 2.400 meter ini jadi markas tim League of Legends utama dan kedua serta divisi CS:GO. Uniknya, fasilitas ini cuma berjarak beberapa mil saja dari kantor Riot pengembang LOL. Tim Liquid juga membuat war room khusus untuk tim Dota 2 demi mengapresiasi keberhasilan mereka menjuarai The International 2017.

Para pemain dibuatkan asrama khusus untuk istirahat dan harus menjalani rutinitas ketat setiap hari. Alienware facility dilengkapi juru masak dan dapur serta ahli gizi dan psikologis untuk memantau asupan makanan dan mental pemain tetap sehat.

Alienware selaku partner kerja selama kontrak enam tahun menyediakan semua peralatan dan teknologi yang Liquid butuhkan. Liquid juga membangun server sendiri untuk mengatasi masalah koneksi tidak pernah menimpa atletnya. 12 unit server yang mereka siapkan mampu memberi kecepatan internet sebesasr 10 gigabyte dan menyimpan ratusan terabyte data.

Baca juga : Indoesports League CS:GO Season 4 Akan Datang

100 THIEVES

Ditengarai sebagai gaming facility terbesar saat ini, 100 Thieves Cash App Compound hasil kerjasama 100 Thieves dengan Square Cash App menyulap tanah seluas 4.500 meter menjadi ruang latihan keren untuk divisi LOL, CS:GO, dan Fortnite yang jadi andalan mereka.

Namun, markas yang terletak di Culver City, Los Angeles ini juga memiliki ruang arcade dan lapangan basket serta toko yang berspesialisasi menjual cinderamata esports khususnya brand 100 Thieves.

Markas ini butuh dana jutaan dolar dan sembilan bulan untuk selesai dikonstruksi. Design terbukanya memungkinkan pengunjung untuk melihat para konten kreator beraksi di ruang kerja mereka.

BREN ESPORTS

fasilitas esports

Fasilitas esports terbesar di Asia Tenggara ini terletak di Fillipina, tepatnya Makati Central Business District. Walau cuman seluas 2.000 meter, namun fasilitas ini memiliki 11 ruang latihan, area rekreasi, area produksi dan gym. Ada juga area admin, lounge untuk nobar, ruang rapat dan cafetaria umum.

Moto dari fasilitas ini adalah pemain tidak menjalani rutinitas biasanya, bangun, makan dan tidur namun ingin memberikan rasa hiburan kepada para atlet setelah rutinitas hariannya.

Untuk memenuhi kebutuhan pemain dengan perangkat gaming terbaik, Bren Esports bekerja sama dengan ASUS ROG. Fasilitas ini juga dibuka untuk tim lain yang ingin berlatih agar mendapat pengalaman terbaik.

GEN.G

fasilitas esports

Untuk mendukung tim Gen.G jadi yang terbaik di kompetisi esports, maka dibangunlah markas latihan Gen.G diatas tanah seluas 3.900 meter.

Gen.G melihat bahwa memiliki fasilitas mewah seperti ini jadi daya tarik bagi atlet terbaik untuk merapat ke organisasinya. Gen.G training facility punya tiga ruang skrim, ruang film besar untuk nobar, kapsul istirahat, lemari jersey, enam ruang streaming kedap suara dan pastinya, kantin.

Hebatnya, ini bukan satu-satunya markas yang dimiliki oleh Gen.G. Selain di Los Angeles, mereka punya markas lain di Korea yang diperuntukan untuk tim Overwatch, Seoul Dynasty. Sementara fasilitas Los Angeles jadi basecamp bagi divisi Call of Duty, Apex Legends dan Fortnite. Uniknya, arsitektur kedua bangunan berbeda benua ini dibuat mirip satu sama lain.

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*